Cari Info – Di kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta banyak terdapat goa, dan salah satu goa yang paling indah adalah Goa Jomblang atau Luweng Jomblang. Namun karena pintu masuknya di wilayah Provinsi Yogyakarta, banyak yang menyebutnya Goa Jomblang Yogyakarta. Goa Jomblang merupakan goa yang memiliki pesona keindahan alam yang sangat cantik. Goa Jomblang juga disebut sebagai cahaya langit. Karena jika Anda mengikuti terowongan di goa ini Anda akan menemukan keunikan yang cukup menarik dari Goa Jomblang. ANda akan menemukan bentuk cahaya yang masuk dari mulut gua yang terletak di atas gua. Tidak hanya itu, Goa Jomblang juga terlihat sangat indah, karena ditumbuhi oleh pohon-pohon hijau di dalamnya, yang akan memberikan daya tarik tersendiri.

Misteri Goa Jomblang
Goa Jomblang adalah salah satu dari sekitar 500 goa di wilayah pegunungan karst Gunung Kidul. Goa yang memiliki diameter 50 meter itu dipercaya dulunya menjadi tempat pembunuhan massal PKI pada tahun 1970-an. Hal itu membuat orang takut, karena katanya dulu banyak penjelajah yang memasuki goa dan tidak kembali. Tapi setelah diadakan acara doa bersama-sama yang dilakukan oleh pemuka agama setempat dan dibantu masyarakat akhirnya kejadian ini tidak pernah terjadi lagi sampai hari ini.

Dilihat dari atas, goa Jomblang sangat indah dan menarik. Membuat kita tergoda untuk masuk ke dalamnya. Untuk mencapai goa memang membutuhkan sedikit pengorbanan, tetapi itu akan terbayar lunas dengan pemandangan yang luar biasa didalamnya. Di dasar goa ada pohon yang tumbuh subur dan dindingnya diselimuti oleh semak dan lorong di dalamnya dapat menghubungkan kita dengan goa lain yang berbentuk vertikal yaitu goa Goa Grubug. Goa ini juga dipercaya bisa tembus sampai laut selatan tempatnya tokoh gaib Nyai Roro Kidul.

Kondisi Goa Jomblang
Sebenarnya Kita dapat menelusuri lorong cukup mudah, karena didalam ada jalan setapak yang terbentuk dari bebatuan. Tetapi Kita tetap harus berhati-hati karena cukup licin. Jika kita sampai di sana tepat pada siang hari, maka kita akan melihat pemandangan matahari melalui kegelapan abadi di dasar Goa yang begitu menakjubkan. Sinar matahari ini bisa menyentuh stalaktit dan stalagmit yang terbentuk oleh tetesan air selama ribuan tahun didalam goa.

Akses ke lokasi Gua Jomblang sangat mudah, Anda dapat menggunakan transportasi umum. Jika Anda dari luar kota hanya perlu ke terminal Giwangan Jogja dulu. Dari Terminal Giwangan, naik bus menuju Kecamatan Semanu Gunung Kidul dan kemudian ke lokasi Gua Jomblang menggunakan ojek. Untuk lokasinya sendiri terletak di dekat ladang penduduk dan cukup jauh dari pemukiman warga.

Goa Jomblang yang menyajikan pemandangan tur pesona di mana ada sinar matahari dapat menerangi stalaktit dan stalagmit juga, jadi ini membuat lantai dasar dari goa Jomblang terlihat begitu sangat indah. Untuk menikmati keindahan Goa Jomblang tentu harus cukup berusaha keras. Karena untuk memasuki Gua Jomblang kita harus turun ke kedalaman 60. Dsini Anda harus memiliki nyali dan dibutuhkan kemampuan untuk tidak takut ketinggian. Tapi jika ingin mencobanya tidak usah takut, sebab hanya dengan membayar Rp 450.000 / orang, Kita akan dipandu oleh guide yang sudah berpengalaman.

tag: goa jomblang kaskus, goa jomblang cahyo alkantana, goa jomblang biaya, goa jomblang dan goa pindul, goa jomblang map, goa jomblang harga, goa pindul ditutup, goa jomblang menelan korban, goa jomblang alamat, goa jomblang lokasi, goa jomblangcave tubing, goa jomblang wonosari.
Copyright © CARI INFO - All Rights Reserved | Powered by Wisata Karimun Jawa | Supported by: Blogger