Cari Info — Ada yang pernah sadar jika didunia ini ternya masih ada sahabat Nabi yang masih hidup? Pasti teman-teman banyak tidak ada yang tahu, kalau ternyata masih ada. Dia merupakan sebuah pohon yang berumur ribuan tahun dan dijuluki sebagai "The Only Living Sahabi" artinya adalah Sahabat Nabi yang Masih Hidup. Pohon ini sampai sekarang tegak berdiri di sebelah utara negara Yordania. Dan merupakan satu-satunya pohon yang masih hidup di tengah padang pasir tersebut.

Bisa lihat video youtube pohonnya ---> DISINI

Dikutip dari berbagai sumber, bahwa diketahui 2 kali Rasulullah bernaung di bawah pohon yang sangat diberkahi Allah SWT ini. Pohon tersebut telah beberapa kali bermanfaat bagi Nabi Muhammad SAW. Pertama ketika beliau berumur 12 tahun, disaat melakukan perjalanan bersama pamannya Abu Thalib. Pada saat itulah seorang pendeta bernama Bahira melihat tanda kerasulan pada Muhammad kecil.

Dalam cerita tersebut, dikisahkan bahwa pendeta Bahira melihat rombongan kafilah dari Mekah yang merupakan pedagang bersama seorang bocah yang saat berjalan selalu dinaungi oleh awan (cerita dari guru agama zaman saya sekolah di SD). Kemudian pendeta Bahira mengundang para pedagang tersebut ke kediamannya untuk diberi jamuan. Semua anggota rombongan tersebut mengikuti acara jamuan itu, kecuali satu anak yang menunggu di bawah pohon tersebut. Pendeta Bahira lalu melihat keluar dan meminta pada salah satu kafilah untuk membawa anak tersebut hadir ke perjamuannya. Lalu Bahira berpesan kepada paman Nabi, Abu Thalib, untuk selalu menjaga dan segera membawa anak itu kembali ke kota Mekkah. Karena, akan ada orang-orang yahudi yang mencari Muhammad kecil untuk menyakitinya.

Yang keduanya adalah disaat Rasulullah SAW membawa barang dagangan milik Sayyidatina Khadijah ke kota Busra. Ketika itu Rasulullah SAW berteduh di bawah pohon ini. Aneh dan ajaib, dahan dan ranting-ranting pohon ini bergerak dengan sendirinya untuk menaungi beliau dari panasnya terik matahari. Luar biasa rahmat Allah SWT yang diberikan kepada pohon ini. Dan sampai sekarang satu-satunya pohon yang masih hidup, tegak, subur dan rimbun di tengah-tengah padang pasir bernama Al Buqayawiyya ini. Banyak pohon yang menjadi saksi peristiwa dari perjalanan hidup Rasulullah yang mulia. Salah satunya adalah pohon Nabi ini, menjadi salah satu bukti kenabian Nabi Muhammad SAW. Yang bisa kita ambil kesimpulan adalah, sepertinya pohon Sahabat Nabi ini sengaja dibiarkan hidup agar menjadi kenangan, dan bukti sejarah.
Copyright © CARI INFO - All Rights Reserved | Powered by Wisata Karimun Jawa | Supported by: Blogger