Cari Info — Disclaimer dalam bahasa indonesia disebut sangkalan atau menyangkal. Jadi manfaat adanya disclaimer adalah berguna untuk menyangkal. Disclaimer blog secara umum adalah peraturan pada halaman situs web atau situs yang menyediakan auditor yang berkaitan dengan hal-hal yang ada di blog/website atau situs web, dan merupakan perlindungan bagi pemiliknya. Deskripsi disclaimer memiliki arti penting bagi kita sebagai blogger karena pengunjung atau pembaca yang datang secara otomatis menerima aturan yang ada di website atau situs termasuk klausul disclaimer dari blog tersebut.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Langkah-langkah atau cara membuat blog disclaimer

I) Situs Pembuat Disclaimer
Kunjungi website pembuat disclaimer secara online dan gratis, saya sarankan untuk melakukan pencarian di google. Ini sudah cukup bagi situs perorangan tidak terkecuali blog yang kita buat, salah satu contoh situs pembuat Disclaimer Blog yang gratis dan sering digunakan yaitu http://www.privacypolicyonline.com/disclaimer-generator. Setelah kita mengunjungi situs tersebut akan di berikan beberapa form isian yang harus kita isi.

1. Your Site Title (Judul Blog / Judul Situs)
Judul Situs Anda kita yang harus diisi pertama kali dengan cara memberikan nama blog yang akan kita beri disclaimer, seperti "Berita Otomotif"

2. Your Site URL (URL Situs Anda)
URL Situs Anda segera masukkan saja pada form yang kedua

3. Contact Link (Links Kontak)
Pada Link Kontak ini Anda bisa isi dengan link pribadi anda, seperti link google plus, link fb, link twitter, atau link lainnya. Atau jika kita sudah membuat Laman blog dengan judul/tema About me (Hubungi Kami) silahkan menggunakan link tersebut.

4. Email Address (Alamat Email)
Masukkan alamat email kita baik dari yahoo mail, outlook, atau google mail yang berhubungan dengan blog yang sedang kita kelola.

5. Email Encryption
Pada Email Encryption bisa memilih Encrypt Email with HTML (maksudnya adalah memberi izin untuk memasukkan email ke dalam pembuatan disclaimer). Langkah berikutnya adalah klik tombol Generate Disclaimer, maka selanjutnya kita akan dibawa ke halaman baru dan disuruh menyalin seluruh isi yang ada di form.

II). Memasang disclaimer di blog

Cara Mudah Membuat Blog Disclaimer

1. Dashboard blog
Untuk memasangkan disclaimer kita pergi ke menu dashboard blog lalu pilih Laman (Pages)

2. Laman baru
Kalau sudah di pages atau Laman, terus pilih menu Laman baru.

3. Publikasikan
Jangan lupa diberi judul pada bagian atas (seperti membuat postingan). Pilih mode HTML lalu pastekan isi disclaimer yang sudah kita salin tadi dari halaman di situs http://www.privacypolicyonline.com/disclaimer-generator/. Lalu tinggal kita publish Laman tersebut. Pengalaman saya saat mempublikasikan terkadang alamat blog menjadi kacau (belakangnya ada angka-angka, sebaiknya dihapus saja jika terjadi demikian, lalu buat Laman baru dengan cara seperti diatas).

Itulah cara bagaimana membuat disclaimer Blog dengan mudah. Semoga ilmu yang saya bagi bisa bermanfa'at bagi kita semua,  khususnya para blogger baru yang sedang belajar tentang dunia blog.
Copyright © CARI INFO - All Rights Reserved | Powered by Wisata Karimun Jawa | Supported by: Blogger