Cari Info — Hayo, adakah teman-teman disini yang suka malas mandi seperti saya? hehehehe. Kalau ada, selamat Anda sehat, lho koq? Hahahaha, maksudnya pikirannya yang sehat, karena kebanyakan orang sehat itu malas mandi, hehehehe, ngawur ya, :) . Tapi kalau mau tahu lebih jauh soal mandi, simak tulisan saya tentang mandi malam hari.

Kebanyakan orang melakukan mandi minimal dua kali sehari, dan itu adalah himbauan dari dokter. Hal ini dijelaskan, agar kuman yang berada di kulit tidak berkembang biak. Mandi minimal pagi dan sore itu cukup bagus, walaupun Anda selalu pulang larut malam usahakan tetap mandi. Tapi apakah anda pernah mendengar ungkapan “Jangan mandi malam-malam, bisa kena rematik!” Kalimat tersebut kemungkinan sudah akrab di telinga kita, warga Indonesia.

Baca juga:

Sebenarnya penyakit rematik bisa dialami oleh siapa saja, tanpa harus sering mandi dalam, nah lho! Rematik merupakan penyakit yang menyerang persendian tubuh manusia. Banyak sekali mitos yang berkembang mengenai penyakit rematik. Salah satunya adalah soal mandi malam hari yang disebut-sebut sebagian besar masyarakat bisa menyebabkan penyakit rematik. Malah katanya akan cepat terserang rematik jika mandi malam dengan air dingin.

Mandi Malam Bikin Rematik Itu Hanya Mitos

Mitos bahwa rematik disebabkan mandi malam hari itu faktanya SALAH. Entah telah berapa tahun lamanya masyarakat awam telah berpegangan pada paham yang sangat keliru. Kalau anda tidak percaya dengan paham ini, coba anda bertanya pada setiap orang yang Anda temui, pasti mereka akan mengangguk setuju jika mandi malam hari tidaklah baik untuk tubuh. Penyakit rematik adalah merupakan penyakit autoimun, yang berarti system kekebalan tubuh kita menyerang tubuh kita sendiri. Dalam hal ini penderita terutama akan terserang pada bagian persendian, sehingga akan merasakan nyeri pada sendi yang terkena penyakit rematik.

Menurut Handono Kalim, dokter spesialis penyakit dalam dan konsultan reumatologi, hingga saat ini belum ada penelitian yang bisa membuktikan bahwa sering mandi malam hari (dengan atau tanpa air dingin) bisa menyebabkan rematik di kemudian hari. Hanya saja yang banyak terjadi adalah, terkadang mandi malam hari dan menggunakan air dingin bisa membuat otot tubuh kita menjadi kaku. Hal seperti ini sebenarya dalam dunia kedokteran adalah lumrah dialami seseorang jika tidak kuat dingin.
Copyright © CARI INFO - All Rights Reserved | Powered by Wisata Karimun Jawa | Supported by: Blogger